Hello,This is me!

Anggun W. Ningrum

Motherhood life too short, world too wide

February 26, 2019

A Guide to Magical Place, Cappodocia - Turkey



Jika ditanya alasan terbesar mengunjungi Turkey setahun yang lalu, maka jawaban terjujurnya adalalah “Aku Ingin Naik Balon di Cappadocia. Aku ingin mengunjungi tempat dimana pemandangan kotanya paling banyak aku liat di wallpaper laptop, hape, poster, kalender, explore Instagram, ya tempat itu adalah Cappadocia. Gimana ya pemandangan langsung liat balon udara di Cappodocia itu”. Nah itulah salah satu alasan aku. Ingin melihat keindahan ciptaan sang kuasa di belahan bumi lainnya. 

Ya, sampai saat ini pun aku seperti gak percaya bahwa aku sudah menginjakkan kakiku di Cappodocia, dengan tabungan yang sangat pas-pas an, dan berdua saja dengan Suamiku. You don’t need to be rich to travel well right? Berdua dengan Suamiku aku menjelajahi dataran Eropa starting from Istanbul then Cappodocia. Tanpa pemandu, tour atau apapun lah itu. Kalau ditanya siapa yang mengurus perjalanan kami? Akulah orangnya wkwkwkwk. Suamiku mah ngikut aja dan standby fotoin istrinya 






Well singkat cerita, gimana sih cara dari Istanbul ke Cappodocia atau Kapodokya ini? Perlu diketahui dari Istanbul ke Kapadokya ini jauh ya gaess, beda propivinsi lah, ibarat Istanbul itu Pekanbaru, Kapadokya itu Medan, 12 jam naik bus 1 jaman naik pesawat. Perumapaan lainnya, ibarat Istanbul itu Tokyo, Kapadokya itu Osaka, beda kota, beda provinsi dan cukup jauh. 

Dari Istanbul ke Kapadokya aku memilih alternatif trasnportasi termurah, yaitu Bus. Selain murah, naik bus lebih efisien, langsung berhenti di kota Gorame.  Kok Gorame sih, kan maunya ke Kapadokya? Well, begini perumpamannya ; Kapadokya adalah nama salah satu kabupaten di Provinsi Nevsehir, nah di kabupaten Kapadokya ini ada wilayah yg namanya Gorame yang menjadi tourism spot nya, kalau mau naik hot air ballon, cave hotel, di Gorame ini tempatnya. Sampai disini paham kan gaess? So kalau naik bus dari Istanbul ke Kapadokya pastikan bus yang kamu pilih berhenti di GORAME, karna kebanyakan bus ke Kapadokya hanya sampai ke Nevshehir Bus station. Untuk pilihan bus sebenarnya banyak banget, ada Metro, Nevsehir, Suha dllny. Tapi yang pasti sampai ke kota Gorame adalah 3 itu. Kalau aku kemaren rutenya Istanbul -Izmir, karna aku mau ke Ephesus, naik busnya company Metro, Dari Izmir baru ke Kapadokya pake Nevsehir. Gorame balik ke Istanbul naik Suha. Cost dari Istanbul - Kapadokya Gorame  90 TL, dirupiahkan sekitar 360 rb. Hemat kan? Hehehe



Gorame Town

Nah sampai di kota Gorame, tinggal naik taksi ke hotel, supir taksi gak bisa bahasa inggris? Tenang kasih aja alamat hotel sama drivernya, mereka saling tau kok. Secara kota Gorame ini kecil banget. Pilihan hotel di sini banyak, tapi rata-rata cave hotel semua kok, tinggal fasilitas hotelnya aja yang menentukan murah atau mahalnya hotel tersebut, karna memang tanah Kapadokya ini unik ya, banyak banget gundukan-gundukan batu menjulangnya.  

Gorame View








Kota Gorame di Kapadokya ini syahdu banget, pemandangannya sangat indah, kotanya tenang, apalagi mendengar suara adzan yang nyaring, bikin tentram, so magical. 

Nah bagi yang mau nak balon udara, sebaiknya sih menurut aku better booking on the spot aja deh, tapi tetap H-1 atau H-2. Biasanya resepsionist hotel ataupun yang punya hotel bakal nanya perihal ini, dan mereka bisa kasih harga yang lebih murah dari websitenya hot air ballon tersebut. Kalau pesan online, kebanyakan company hot air balloon yang muncul yang itu-itu saja seperti Butterfly, Voyager dan Royal Ballon yang sepertinya memang company yang paling besar. Padahal kalau di Kapadokya sendiri banyak banget company nya dan menawarkan harga lebih miring. Kalau aku kemaren, aku booked hot air ballon dari company Anatolian, lebih murah hampir 2 jetong gaess, tapi ya belum rezeki naik, hari pertama di Istanbul kendalanya adalah mendung, hari kedua cerah tapi berangin. Jadi 4 hari 3 malam di Kapadokya cuma sekali bisa liat Hot Air ballon mengudara. Memang untung2an sih kalau ke Kapadokya musim dingin kalau mau naik balonnnya.

The View from my cave hotel



if you can dream it, you can do it right?

Tapi di Kapadokya itu gak cuma tentang naik Balon aja, banyak banget activity yang bisa dilakukan. Semisal ikut city group tour misalnya. Untung explore Kapadokya ini aku sangat menyarankan ikut  one day group tour. Karna kalau mau explore kemana-kemana pun jauh ya kalau naik taxi, lebih efisien memang join group tour. Nah untuk mengexplore Kapadokya ini goverment pariwisatanya sudah menyediakan 3 basic tour, yaitu Green Tour, Red Tour, Blue Tour.

Dari ketiga tour diatas, yang paling paling reomended kata yang punya hotel kita adalah Red Tour, jadi ya aku coba ambil Red tour. Red tour ini akan mengexplore wilayah Cappadocia dibagian Utara, sedangkan Green wilayah Selatan. Untuk Red tour sendiri, kami mengunjungi dan stop dibeberapa tempat seperti Uçhisar castle, yaitu rumah tradtional orang kapadokya yang terbuat dari batu. Jadi gundukan-gundukan batu itu mereka ukir dan digali utk dijadikan tempat tinggal.

Traditional cave house



cave house's kitchen


can't beliave this is inside the cave house

cave  house bedroom



After Uçhisar, lanjut mengunjungi Gorame Open air museum yang merupakan bekas kota kecil yang dilindungi oleh Unesco. Setelah itu kita lunch, dan lanjut ke Monks Valley, pasha’s vineyard, dan Dervant Valley. Setelah mengunjungi 3 Valley itu, lanjut ke Avanos Pottery’s, diajarin cara buat bikin tea pottery gitu. Then the last stop, we visited Avanos city center. Rata-rata pengusaha yang punya usaha di Gorame tinggalnya di Avanos, karna Gorame ini isinya tok hotel, restauran dan souvenir shop. 



chipmonks valley


Ohya, kalau ke Cappadocia jangan sehari yaaa, apalagi kalau mau naik balon, aku aja yang 4 hari 3 malam gak dapat kesempatan naik Balon hehehe. Minimal ngineo deh 2 malam kalau kesini. Pemandangannya super duper indah 🧡🧡🧡 I wish I can come back to Cappadocia soon, dan semoga yang kali kedua bisa baik balon udaranya sama kiddos. 😇



well, jadi selama 4 hari 3 malam di Kapakdokya mesti kemana dan ngapain sih? Kalau menurut aku you must do and visit these :

1. So pasti naik balon udara. udah dijelasin di atas kan mestinya gimana.

2. Photo - photo di Love Valley, biasanya balon udara bakal berhenti dan turun di Love Valley ini.

3.Kalau ada budget dan waktu yang luang, wajib ikut Green Tour dan red Tour, kalau budget pas-pas seperti aku ya salah satunya aja wkwkwkwkwk

4.Strolling around the city is a must, buat window shopping atau pun cari oleh-oleh

5. stay at cave Hotel and feel the romantic atmosphere.







I can say Kapodokya is the most beautiful place that I've been visited. Yaiyalah secara aku travelingnya belum kemana-kemana banget heheheh. Jadi begitu liat Kapodokya Massyallah speechless!!! Scroll ke bawah ya gaess buat more picturenya! Mon maap kalau banyak, jangan kapok main ke blog aku ya hahahaha,

infront of my cave hotel

View yang selama ini diimpikan, that totally magic! Hot air ballon anywhere









Red tour deastination, explore north Cappodocia

















Thank you for following me into the magical place Cappadocia



She is a moody travel blogger and part time travel planner. She travel to lived. Believe she could so she did

5 comments:

  1. Baca aja bisa ngerasa kayak di Turki🤣😍😍semoga bisa ke sana🤣

    ReplyDelete
  2. Waaa... keren banget! Kapadokya adalah salah satu tujuan impian saya. Jadi pengin segera jalan-jalan ke sana.

    ReplyDelete
  3. hi kak. salam kenal yaa. ini berarti backpackers banget ya. boleeeh dong bagi2 info travel budget cara murah n cara pertama kali beli tiket ke Istanbul cuuus ke Kappadokya-nya? thanks before

    ReplyDelete

BLOG ARCHIEVE

2017


VIETNAM [ HO CHI MINH TRAVEL GUIDE - PART 2
VIETNAM [ HO CHI MINH TRAVEL GUIDE - PART 1
PART 1 | Must Visit Place Around Malang for Family Trips
PART 2 | Must Visit Place Around Malang for Family Trips | End
Travel Review ; Alilas Villa Uluwatu, where you can Listen the music of Ocean
Gathering Beauty Influence X MAKE OVER Indonesia
Travelling to South Korea on Day 4 ; N Seoul Tower, Must Visit When in Seoul
Travelling to Korea on Day 4 ; Autumn Vibes at Yeoido and Visiting Indonesian Embassy
Family Vacay to Bromo Tengger Semeru National Park!
Happy Family Vacation at Gili Trawangan, Lombok
Postcard From Tropical Paradise Gili Trawangan
HALAL RASTAURANT IN VIETNAM - TEMPAT MAKANAN HALAL DI HO CHI MINH CITY
Korea day 3 : Afternoon Stroll at Gangnam
Travelling to Korea on Third Day ; Postcard from Ewha Woman University
Traveling to Korea on Day 2 : Experience Hanbok and Cherry Blossoms
Traveling to Korea on Day 1 : Hello from Seoul and Second Experienced
TRAVEL REVIEW : Jungle Fish Ubud, welcome to Jungle Club.
7 Cafe Restaurant Keren dan Instragramble di Bali
VIETNAM DAY 3 : ADMIRE THE BEAUTIFUL OF HALONG BAY AND FAREWELL TIME
VIETNAM DAY 2 ; LET'S GO TO HALONG BAY
WHAT TO DO IN HANOI
MY FIRST IMPRESSION ABOUT VIETNAM, WHY YOU GUYS MUST VISIT THIS COUNTRY
SWEET PEACH HOUSE : GORGEOUS, LOVELY AND UNIQUE LODGING IN LOMBOK
LA LAGUNA. NEW HYPE PLACE FOR WAITING SUNSET IN CANGGU
HALAL RESTAURANT IN SINGAPORE - TEMPAT MAKANAN HALAL DI SINGAPORE
LOMBOK TRAVEL GUIDE ; THREE BEACH YOU MUST VISIT WHILE IN LOMBOK
BALI TRAVEL GUIDE ; HIDDEN MARIGOLD FIELDS IN KARANGASEM, SUCH A PARADISE!