Hello,This is me!

Anggun W. Ningrum

Motherhood life too short, world too wide

August 26, 2019

Umroh Murah Sejagat Raya Dengan Fasilitas Oke

 Pengalaman Umroh Harga Backpacker dengan Komunitas Umroh Mandiri (KUM)




Pernah gak sih kalian membayangkan Umroh dengan harga Backpacker tapi dengan fasilitas Koper? Kalau aku selalu membayangkan hal ini, that’s why domain blog aku adalah Bacpackerwithkoper, karna aku itu selalu ingin pergi kemanapun dengan harga murah, tapi keliatan mahal wkwkwkkw. Termasuk perihal Umroh.

Cukup lama juga aku mencari cara agar bisa umroh dengan harga yang WORTH dimata aku, karna honestly many travel umroh out there ga sesuai dengan harga, menang dengan mengumbar Hotel Bintang 5 + Maskapai Full board, yaaa kita kan ga begok-begok amat, seberapa mahal sih per harinya hotel bintang 5 itu? Semahal apa sih maskapai Full board itu, rata-rata toh maskapai ke Saudi adalah maskapai Full board wkwkwkwkw. Jadi mostly itung-itungannya ga sampe di aku. Of course everyone needs a Benefits, tapi yaaa kadang ga wajar sih harganya, itu dia ga nyambung itung-itungan sama aku 😆
alhamdulillah bisa kembali ke sini bersama suami

love the pigeons yang ada di sekitar mesjid


Apalagi kalau yang udah plus plus, plus Europe, Plus Turkey (judulnya Turkey faktanya cuma Istanbul aja wkwkw), plus Dubai. Nah ini harganya bahkan bisa menggila gaesss... 35 jt-50jt per pax jika ingin plus begini... Jiwa misquen ku berontak!!!!!! Dalam hati (mending sini duitnya kasih aku ntr aku temenin dan ajakin jalan-jalannya biar puas mantap niqmaaat wkwkwk)

Oke balik ke topik awal, pernah terbesit untuk Umroh mandiri, dimana  Visa Umroh diuruskan pihak travel dengan seolah-olah kita join umroh dengan travel mereka tapi faktanya kita berangkat sendiri, tiket pesawat cari sendiri, hotel booking sendiri, transportasi sendiri, Makan cari sendiri, mutowif umroh cari sendiri ya pokoknya ente urus semuanya sendiri. Dihitung-hitung ya almost 15 jt untuk perjalanan 10harian. Murah kan???? Sangat jauh murahnya. Tapi tetep ada rasa takut, HOW if when in imigration ketauan pergi sendiri? Kenak usir lah khaan...

But yeah, usaha tidak pernah menghianati hasil, saat aku hampir menyerah finally I found  berbagai komunitas umroh murah di Facebook. Tentunya komunitas ini pun aku temukan dengan baca blog sana sini. Kemudian aku bergabung dengan 3 komunitas Umrog backpacker, liat harga reguler yang mereka tawarkan ya Worth sih menurutku, karna untuk umroh yang super murah tidak bisa diprediksi kapan, semuanya tergantung Promo dari Maskapai. 

Then saat aku lagi dalam masa pemulihan melahirkan, saat itu kayaknya aku belum 40 hari. Tiba-tiba ada pengumuman di salah satu komunitas umroh Backpacker yaitu “KOMUNITAS UMROH MANDIRI” umroh super hemat yaitu 13,5 juta net by Srilankan Air. All in. Include everything. Durasi 10 hari. Berangkat di 3 April. Booking seat 5.5 jt untuk penerbangan PP Kuala Lumpur-Jeddah, Jeddah-Jakarta.
on board with srilankan air


Dalam hatiku, kayaknya ga bakal ada yang lebih murah dari pada ini deh. Yah walaupun untuk tiket PPnya masih agak mahal kayak harga tiket PP ku waktu ke Turkey 😂 Tapi biaya LA (Land Arrangement) nya cukup wajar 7 jt untuk hotel+makan 3x sehari, city tour makkah mandinah+visa umroh. Karna yang aku cari saat itu ya harga Umroh yang worth dan wajar, so aku booking saat itu juga. Di niatkan semoga ini KUM jujur dan amanah. Bayangkan aja aku transfer uang 11 jt ke orang yang kantornya entah dimana,  hanya bermodalkan percaya dan yakin, karna melihat review komunitasnya di facebook semuanya bagus. Alhamdulillah aku kebagian seat Promo Srilanka Air, karna yang daftar ternyata rame dan ada yang ga kebagian seat. Yang ga kebagian uangnya mereka transfer balik semuanya. Nah dari ini aku mulai lebih yakin dengan KUM. Setalah aku dapat seatnya, tidak sampai 24 jam setelah aku transfer ke mereka admin nya pun mengirimkan e-ticket ke emailku, aku cek langsung nomor booking nya ke website Srilankan Air, alhamdulillah valid dan aku merasa legaaaaa. Walaupun setelah urusan tiket clear aku tetap merasa galau, mengingat pas berangkat 3 april nanti anak bayiku masih 3 bulan, tapi memang sudah niat dan kesempatan datangnya pas lagi punya bayi, ya mau gimana, ikhlas karna niat beribadah karna allah.

well, Yang perlu aku keluarkan secara pribadi hanya Tiket Pekanbaru-Kuala Lumpur dan Jakarta-Pekanbaru yang totalnya sekitar 1 jt per org. Kemudian aku upgrade kamar, karna yang 13,5 itu adalah harga sekamar ber 4. Karna pergi sama suami plus ingin privasi, aku   upgrade ke kamar double dengan menambah 2 jt per orang. Totalnya jadi 16,5 jt untuk 10 hari. Masih jauh lebih hemat dibanding travel lain walaupun sudah upgrade kamar.

assalamualaikum
jemaah KUM 3 april saat ambik miqot di Bir Ali

Untuk menerima informasi mengenai persiapan keberangkaran, admin KUM (Komunitas Umroh Mandiri) membuatkan temporary group bagi jemahnya. Groupnya informatif, disitu dijelaskan kemana kita mengirim dokumen untuk visa, apa yg harus disiapkan, kapan dan dimana titik temu saat nanti di Kuala Lumpur. Saat Visa nya siap nanti admin bakal kirim visa masing-masing ke alamat kita, in my case, aku terima kembali passport ku 1 minggu sebelum hari keberangkatan. 

Well, finally the day arrived. Di group wa sudah di infokan kapan dan dimana utk ketemu dan alhamdulilah semua Jemaah yang berangkat tanggal 3 April berkumpul tepat waktu di KLIA 1.Karna kita juga dapat seragam, jadi tidak susah menemukan jemaah lainnya. Nah baru aja ketemu eh kita udh dibagikan sarapan pagi,  Pas bgt belum makan dari malamnya heheh 😆 Kemudia kita kasih koper+pasport ke petugas KUM di klia 1, sisanya duduk manis aja ternyata ga perlu ngurus baggage checking.  Setelah itu kita dikasih ID card, liat detail ID card ternyata juga di daftarkan ke Aplikasi si Patuh. Si Patuh adalah website resmi untuk mendaftarkan calon jemaah umroh haji di Indonesia. Aku juga tidak menyangka bahwa ternyata Umroh Backpacker ku ini adminnya juga mendaftarkan nama kita ke Si Patuh, berarti mereka punya PT dong kan, resmi. 

Eh ternyata memang resmi hahahah, baru tau juga setelah ownernya turun tangan menjelaskan saat melepas keberangkatan kita. KUM ini ada dibawah PT. Mubina yang memang bergerak di Bidang Umroh dan Haji, serta ada PT.DuoPao yang bergerak di bidang wisata ckckckck. Wah dalam hati “langkah kanan nih gw umrohnya hahha”. Jadi walaupun ini harga Umrohnya murah ini resmi ya gaesssss...

Now Let’s talk about the SERVICE, sebagian orang selalu nanya, servisnya gimana, ntr murah eh disananya gak di urus, hotelnya jauh, ntr bla bla bla dan seterusnya. For this one, I’m so HAPPY about their service. Dari kaca mata ku sebagai orang yang hobi traveling dan ga tabu soal Tour&Tavel, plus aku juga sudah pernah mencoba dengan travel Umroh di Pekanbaru yaitu Silv*er S*ik pada saat umroh pertamaku di th 2010, I’m so Impressive with their Service. Ini adalah package yang sangat WORTH yang pernah aku bayar. 

masyallah... akhirnya kembali ke masjidil haram


Pertama let’s talk about Accommodation. Bayangkan ya hotelnya sangat dekat, di Madinah hotel ku dekat dengan pintu gerbang 27, Yang laki-laki sangat beruntung karna dekat dengan pintu masuk Raudah, suamiku alhamdulillah sholat 5 waktu hampir selalu bisa dapat Raudah, masyallah.... Untuk yang perempuan memang sedikit lebih jauh Tapi alhamdulilah everything is fine for me.  Quality hotelnya baguslah, bintan 3/4 yang tempat aku menginap. Kemudian hotel di Mekkah, dekat dengan Ayjad Exit, tepat di belakang Zam zam tower. Patokannya adalah WC 3. Kalau mau ke Masjidil Haram deket banget rasanya, cuma pas pulang ada usaha lebih karna agak sedikit menanjak. Jadi kadang agak malas mau pulang ke Hotel wkwkwkwkw.  Quality hotel bintang 4, aku suka kamarku yang di Mekkah. Jika dibanding hotel ku umroh sebelumnya dengan Silver, sangat jauh bagus hotel ku yang sekarang. 

bersama jemaah KUM di depan rumah tempat lahir Rasulullah, setelah melaksanakan Umroh pertama, kami ini sangat kompak loh saat tawaf dan sai hihi

Kedua tentang makanannya, makannya alhamdulillah 3x sehari dan semuanya enak-enak. Selama di Madinah aku ga pernah beli makanan diluar, karna memang makanannya enak-enak. Plus selalu dapat buah segar utuh seperti apel, pisang, sunkist dan jus segar dalam kemasan kotak. Nah pas pindah ke Mekkah, makananya enak sih, cuma lebih enak di Madinah, tapi yaa aku tetep makan dan ga jajan diluar, rugi kalau ga makan di hotel kan udah bayar wkwkwkwk. Di tanah haram jangan ngedumel soal makanan, karna yang kalian bilang bakal cepet kejadian, so semuanya harus yakinin ENAK. Di mekkah ini mungkin memang ramai ya hotelnya karna dekat dari haram, jadi pengunjung pas jam makan itu rame banget, agak susah cari kursi buat duduk, terus ga dapat jus kotak, jadinya untuk jus dan yoghurt aku beli diluar. 

Masyallah... semoga diberi rezekidan allah memanggil  kembali ke sini

Third let’s talk about the city tour & umroh service. Selama perjananan ini, bus yang disediakan KUM besar dan nyaman. Untuk city tournya baik di Madinah dan Mekkah ya cukup okelah, mengunjungi tempat pada umumnya lah kan... terus selama di perjalanan di kasih snack dan minuman buat ganjal perut. Untuk umrohnya saat sebelum berangkat ke Mekkah, pendamping umrohnya juga adain manasik lagi untuk lebih memahami perihal larangan2 selama umroh. Terus untuk Umrohnya dari KUM dapat jatah 3 kali Umroh,  dan saat ambil niatnya pun ya diantar dengan Bus, karna mereka mengatur city tour mekkah itu saat pulangnya singgah untuk mengambil miqot bagi jemaah yang ingin umroh lebih dari 1 kali... Dan didampingi terus sama mutowifnya, di travel sebelumnya jatah umroh dari travel cuma 1 kali dan juga didampingi 1 kali sama mutowifnya, sisanya kalau mau umroh ya ambil miqot sendiri pake taxi dan saat pelaksaan umrohnya ya juga sendiri.
city tour Madinahh, salah satunya mampir ke jabal hud

mampir ke Jabal Rohmah juga

diajak keliling melihat mina juga


Di mekkah diajakin ke camel farm di Hudabiyah juga


tempat ambil miqot di Hudabiyah

ternyata belanja di Hudabiyah lebih murah gaessssss
sholat di masjid Quba

At least, KUM pelayanan sangat bagus and everything well organized. Satu hal sih masukannya, kayaknya kalau stop di Jeddah ga usah ke daerah Chornich deh, kalau pun wajib jangan lama-lama deh karna kalau belanja di Toko ali murah dkk nya itu, lebih murah di Mekkah kayaknya, mahal juga disitu. Dan karna Chormnich juga daerah lama, mending diganti kemana gitu berhentinya jika city Tour di Jeddah. Berhenti di photo stop yang lebih bagus dan kekinian. Hehehe... 

daerah chornich

Well mungkin itu aja cerita umroh aku kemaren, yang mau join KUM ini link grop facebooknya nya Komunitas Umroh Mandiri bisa dipantau harga dan jadwal yang cocok untuk kalian. Plus di group KUM ini memang lebih cocok kalau kalian terbiasa berpergian ke LN sebelumnya, minimal pernah berpergian ke luar. Karna dalam beberapa hal kita dituntut untuk mandiri dan cekatan.  Serta meeting point saat umroh super hemat pasti ada di Kuala Lumpur/Singapore. Semoga bisa bergabung kembali dengan KUM di umroh berikutnya AAMIIN 😇😇🙏🏻🙏🏻

She is a moody travel blogger and part time travel planner. She travel to lived. Believe she could so she did

0 comments:

Post a Comment

BLOG ARCHIEVE

2017


VIETNAM [ HO CHI MINH TRAVEL GUIDE - PART 2
VIETNAM [ HO CHI MINH TRAVEL GUIDE - PART 1
PART 1 | Must Visit Place Around Malang for Family Trips
PART 2 | Must Visit Place Around Malang for Family Trips | End
Travel Review ; Alilas Villa Uluwatu, where you can Listen the music of Ocean
Gathering Beauty Influence X MAKE OVER Indonesia
Travelling to South Korea on Day 4 ; N Seoul Tower, Must Visit When in Seoul
Travelling to Korea on Day 4 ; Autumn Vibes at Yeoido and Visiting Indonesian Embassy
Family Vacay to Bromo Tengger Semeru National Park!
Happy Family Vacation at Gili Trawangan, Lombok
Postcard From Tropical Paradise Gili Trawangan
HALAL RASTAURANT IN VIETNAM - TEMPAT MAKANAN HALAL DI HO CHI MINH CITY
Korea day 3 : Afternoon Stroll at Gangnam
Travelling to Korea on Third Day ; Postcard from Ewha Woman University
Traveling to Korea on Day 2 : Experience Hanbok and Cherry Blossoms
Traveling to Korea on Day 1 : Hello from Seoul and Second Experienced
TRAVEL REVIEW : Jungle Fish Ubud, welcome to Jungle Club.
7 Cafe Restaurant Keren dan Instragramble di Bali
VIETNAM DAY 3 : ADMIRE THE BEAUTIFUL OF HALONG BAY AND FAREWELL TIME
VIETNAM DAY 2 ; LET'S GO TO HALONG BAY
WHAT TO DO IN HANOI
MY FIRST IMPRESSION ABOUT VIETNAM, WHY YOU GUYS MUST VISIT THIS COUNTRY
SWEET PEACH HOUSE : GORGEOUS, LOVELY AND UNIQUE LODGING IN LOMBOK
LA LAGUNA. NEW HYPE PLACE FOR WAITING SUNSET IN CANGGU
HALAL RESTAURANT IN SINGAPORE - TEMPAT MAKANAN HALAL DI SINGAPORE
LOMBOK TRAVEL GUIDE ; THREE BEACH YOU MUST VISIT WHILE IN LOMBOK
BALI TRAVEL GUIDE ; HIDDEN MARIGOLD FIELDS IN KARANGASEM, SUCH A PARADISE!