Hello,This is me!

Anggun W. Ningrum

Motherhood life too short, world too wide

February 8, 2019

JEJU ISLAND

What you should know and do when at Jeju Island-South Korea



Sudah tau kan dimana pulau Jeju itu berada? So pasti udah gak asing lagi kan kalau mendengar Pulau Jeju, apalagi bagi penggemar Kdrama. Pulau jeju ini adalah Pulau Bali nya bagi penduduk Korea Selatan, so Jeju Island is definitely fav destination bagi Korean People. Kalau soal keindahan alamnya, jangan diragukan lagi, Jeju Island adalah pulau yang sangat indah, subur, makmur, dan menawarkan banyak wisata alam mulai dari Pantai, gunung, waterfalls, flowers park dan lainnya. Serta Jeju island juga menawarkan cultural tourism, seperti adanya Folk Village. Dan untuk yang suka shopping, tenang... Jeju juga merupakan shopping paradise bagi pemburu Korean beauty HAUL, bagi penggemar brand Insfree, di jeju adalah markas besarnya huahahah. Nah bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk memasukkan Jeju Island ke dalam list next destination mu?

Sebelum kamu mengunjungi Pulau Jeju, you must know several things, dan ini nyata berdasarkan pengalaman trip aku ke Pulau Jeju bulan May tahun lalu.

  • Pertama, Pulau jeju terbagi dalam beberapa wilayah, objek wisata nya pun bertebaran di berbagai wilayah. Tapi kota yang besar & cukup ramai di Jeju ini cuma ada 2, yang pertama adalah Jeju City, kedua adalah Seogwipo. Mayoritas pusat berbelanjaan, shopping mall, termasuk bandara lokasinya ada di Jeju City. Sementara untuk wisata alam, culture itu lebih banyak dan lebih dekat dengan daerah Seogwipo. So, jika kamu ke Jeju pastikan kamu membagi waktu untuk menginap di dua wilayah ini.

  • Kedua, di Pulau Jeju itu kemana-kemana enaknya memang nyetir pakai mobil sendiri, so kalau kamu punya Sim International you better to driving alone. Tapi sayang seribu sayang, sim international keluaran indonesia katanya tidak berlaku di Pulau Jeju. Kebanyakan traveler yang aku temui di Pulau jeju yang nyetir sendiri itu Malaysian dan Singaporean. So, gmn dong? Yaaaa kalau kalian punya budget lebih mungkin bisa hired car/van with driver. Bagi yang budget pas-pas kan seperti diriku yaa naik bis lah wkwkwkwk. Sesekali naik taksi kalau tempat yang dituju gak dilalui jalur public bus. But thanks to God cost taxi di Jeju gak semahal di Seoul wkwkwkwk 

  • Ketiga, Korea Selatan adalah negara 4 musim. Jeju pun juga punya 4 musim ya. So perhatikan pakaian yang kalian gunakan ya, pastikam sesuai musim!

Desember - Febuary adalah Winter alias musim dingin. Yang juga merupan low season. Pada musim ini pulau jeju berubah menjadi putih ditutupi salju. Pakaian yang digunakan? Yaaa u knowlah kan. Wkwkwkwwk

Maret - May adalah Spring alias musim semi. Pada musim ini Pulau jeju akan dihiasai dengan keindahan bunga Sakura dan Canola flower yang sangat indah. Kalau kalian mengunjungi jeju pada awal maret sampai awal april, waiib pake coat. Kalau di awal May cukup pake sweter atau pakaian agak tebal saja

Juni - Agustus adalah Summer alias musim Panas. Pada musim ini pakaian yang dikenakkan layaknya yang kalian pakai di Indonesia. Panas genks heheheh

September - November adalah autumn alias musim gugur. Pada musim ini pohon-pohon hijau di pulau Jeju akan berubah menjadi kekuningan dan kemerahan. Angin cukup kencang sehingga dinginnya semrimwing menembus ke tulang. So you better wearing tight sweater and tight coat.

  • Keempat, kalau kalian pergi sendiri dengan mandiri alias backpacker, sebaiknya pakai koper ukuran sedang. Jangan bawa koper ukuran yang terlalu besar. Karna gak tau kenapa supir-supir Taxi di Jeju itu galak banget kalau liat tourists yang mau naik taxi dengan koper besar. Malah gak mau bawa kita, kalau pun ada yang mau dia merepet sepanjang jalan gara-gara masalah koper ini. Gila w emosi gegera masalah ini jahat banget, rude banget ahjussinya. Sumpah ini misteri bagi yang tau alasannya mohon pencerahan.

  • Kelima, ini adalah part yang sangat membahagiakan. JEJU is free entry VISA gaesssss!!!!!! Kalau kalian ingin menikmati Korean life, intinya pengen merasakan gimana sih Korea itu, gimana sih makanannya, environment nya, life’s nya, tapi gak mau ribet dan deg degkan karena Visa, kalian ke Jeju aja. Free bagi pemegang pasport Indonesia. Tapi ada term conditions yang harus dipatuhi, pertama kalian harus bisa melampirkan bukti tiket pulang kalian. Karna memungkinkan banget bisa masuk ke Seoul lewat pelabuhan, hmmmmm. Jadi petugas imigrasi pasti memeriksa ini. Kalau gak ada ya pasti di deportasi lah. Kedua kalian harus melampirkan bukti booking hotel dengan jelas. Berapa malamnya, lokasinya, namanya, berikut no telfon hotel atau penginapan tersebut.

  • Keenam, kalian gak perlu sewa wifii kalau ingin mengunjungi Jeju. Kotanya free wifii gaess......pokoknya disepanjang jalannya ada wifi, di bus ada wifii, pusat perbelanjaan apa lagi.  You can keep update anywhere and anytime selama di Pulau Jeju. Yayy!

Nah bagaimana? Sudah paham kan tentang Jeju Island.  Kalau bagian important di atas sudah paham, mari kita lanjutkan dengan Apa-apa saja lokasi yang wajib kalian datangi jika ke Jeju. Banyak banget sih ya sebenarnya. Tergantung how long you will stay at Jeju. Tapi kalau aku  hanya menghabiskan 5 malam di Jeju, yuk intip Itineraries nya 

Waktu aku ke Jeju kemaren, aku atur Itineraries untuk visit tempat wisata yang ada di bagian Seogwipo terlebih dahulu. Jadi aku pesan hotel di Seogwipo untuk 3 malam. Begitu mendarat di Jeju International airport dengan pendaratan yang mendramatisir karna angin yang kencang, selesai urusan Imigrasi dan bagasi, aku langsung naik airport Limousine ke Seogwipo. Untuk pembayarannya bisa pakai cash seharga KRW 5.500. Airpot limousine nya ada di Gate 5, tujuan Seogwipo bus dengan no 600. Perjalanan dari Airport ke Seogwipo sekitar 1 jam 30 menit. Dibus silahkan tidur, karna perjalanannya naik gunung turun laut, pemandangannya indah tapi cukup bikin pusing. Bagi yang menginap di komplek Jungmun wellness resort, bisa naik bus no 600 ini juga.

Well, langsung aja ya, kemana aja sih kita selama di Jeju? This is the place you must visit :


Seogwipo


Seogwipo city center
Ini mungkin seperti Myeongdong nya Seoul, tapi gak terlalu rame ya. Disini you can shop and eat. Banyak toko-toko kosmetik dan juga restaurant.

Seogwipo olle market
Disini pasar sih ya, disini yg dijual banyak buah-buah seger gitu. Strawberry & blueberry yaampun seger dan murah. Aku banyak makan buah2an pas dijeju, belinya dipasar ini, mungkin karna itu juga badan ku jadi fit padahal lagi hamil ternyata hahaha

Lee Joong Seop Culture street
Nah ini kayak art street gitu ya, banyak cafe2 lucu buat foto-foto dan juga banyak toko kecil yang menjual art-art gitu. Seru banget klo kesini sore hari gitu buat just walking and enjoy the Jeju’s vibrance.



Jeju Folk Village
Terkenal sebagai filming location Jewel in the palace, folk village di daerah Pyeonsan ini wajib masuk ke list. Jadi ini village replika rumah-rumah traditional korea jaman dahulu waktu era Silla, Garyeo sampe Jaseon. Gak cuma rumahnya saja, tapi kita juga bisa melihat gimana sih keseharian korean people jaman dahulu, kurang lebih sama lah dengan yang di tonton di drama-drama kerajaan. Secara ini tempat lokasi syutingnya hahaha.




Jungmun resort complex
Menurutku kalau main ke Jungmun kalian harus menyiapkan waktu sehari penuh. Secara ini complex luas banget....... Jadi Jungmun ini bukan hanya sekedar complex resort serta penginapan mewah, tapi juga one stop tourist attraction. Banyak atraksi yang bisa dimasuki. Seperti Teddy bear museum, chocolate Village, Ripley beliave or not, botanical garden, Play Kpop Museum dll. Kalau wisata alamnya ada pantainya, waterfall, duh pokoknya banyak.





Sayang sekali kemaren waktu kita terbatas banget, kurang puas keliling disini. Ditambah kita cuma mengandalkan public bus dan kekuatan kaki buat keliling, jadinya ya tepar hahaha. Sesekali pake taxi juga untuk move dari tempat satu ke tempat lain, tapi tatap waktunya gak cukup karna kita sampai di Jungmun udah siang.




Jeju City


Canola flower festival
Expetasi kita kesini bakal disambut hamparan canola flower seperti di film drama Wok of Love. Nyatanya session bunga Canola nya udah habis gaesssss... Iya juga sih mengingat aku kesini di awal May, gantinya malah hamparan tanaman hijau, cakep juga sih but gak sesuai expetasi sedih kan jadinya wkwkwkwk. Jadi klo mau menikmati Canola flower festival ini kayaknya harus ke jeju leib awal, seperti dipertengahan maret - april.



Jeju Loveland
Nah ini dia tempat yang buat ngakak sampe gigi kering wkwkwkwk. Jadi ini kayak taman erotis gituhhh, duh senimannya sungguh kreatif ni wkwkwkwkw. Sumpah ya dari awal masuk kita ketawa sama geli-geli gitu ngeliat yang ada disini, only at Jeju loh yang begini setau aku 








Jungang Underground Shopping Centre
Kegiagan belanja tidak boleh dilewatkan saat di Korea, terutama belanja beauty produk, yhaaaa khaaaan? Nah Jungang underground ini sama seperti Gangnam Underground shopping centre, letaknya dibawah tanah dan tokonya ratusan. Semua yang kamu inginkan ada disini. Money changer dan atm juga ada disini, so don’t worry gaess.

Seongsan Ilchubong / Sunrise peak
Seongsan Ilchubong adalah salah satu 7 wonders nature yang dilindungi oleh UNESCO, dan juga must visit destination di Jeju. Kalau drama korea yang punya setting Pulau Jeju, Seongsan Ilchubong ini pasti selalu masuk frame. Untuk menikmati keindahan nya, kalian harus siapkan tenaga ya! Karna untuk sampai ke puncak bukitnya lumayan, sayangnya kita juga gak sampai ke puncaknya, karna udah pada tepar setengah jalan 







Gwangchigi Beach
Nah ini dia pantai yang punya background Seongsan Ilchubong, pantainya bersih walaupun pasir pantainya hitam. Yang jadi point disini bukan pantainya sih, tapi taman Canola Flower yang tersebar disepanjang garis pantai. Rezeki banget ketemu pantai ini, jadi bisa juga foto di canola park hihihi, plus lokasinya gampang ditemukan, cukup dekat dengan seongsan Ilchubong.







Tap - Dong Street
Bisa dibilang ini adalah Hongdae nya kota Jeju. Seru banget buat kulineran disini, shopping ataupun just walking menikmati senja hingga malam. Semua brand kosmetik ada disini ya gaess, banyak juga restaurant, cafe atau pub khas Korea. Must visit kalau ke Jeju buat menghabiskan Won kalian 


She is a moody travel blogger and part time travel planner. She travel to lived. Believe she could so she did

8 comments:

  1. Aih, seru juga ternyata Jeju Island, ya. Insya Allah bisa injakkan kaki di sana.
    Ngemeng-ngemeng, kalo bawa anak kudu skip Jeju Loveland nih. Bisa pusing pala emak ditanyain macem-macem hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba hahahah. Kalau ke jeju loveland bawa bapak nya aja wkwkwkw

      Delete
  2. yang paling enak ke Jeju itu karena bebas visa.
    manteb deh.

    ReplyDelete
  3. Betul mba, gak deg2kan dan stress ngguin visa

    ReplyDelete
  4. Kalau boleh bantu jawab untuk paspor indonesia berapa hari bisa bebas visa stay di jeju island untuk liburan yah?
    Thank you kalau ada yang bantu jawab.

    ReplyDelete
  5. Hallo, mau tanya tentang bebas visa ke pulau Jeju. Bisa minta link yang resmi dari pemerintahnya mbak tentang bebas visa? Makasih banyak

    ReplyDelete
  6. https://english.visitkorea.or.kr/enu/TRV/TV_ENG_2_1.jsp

    Bisa di cek disitu ya, maaf baru bisa membalas pertanyaannya :)

    ReplyDelete

BLOG ARCHIEVE

2017


VIETNAM [ HO CHI MINH TRAVEL GUIDE - PART 2
VIETNAM [ HO CHI MINH TRAVEL GUIDE - PART 1
PART 1 | Must Visit Place Around Malang for Family Trips
PART 2 | Must Visit Place Around Malang for Family Trips | End
Travel Review ; Alilas Villa Uluwatu, where you can Listen the music of Ocean
Gathering Beauty Influence X MAKE OVER Indonesia
Travelling to South Korea on Day 4 ; N Seoul Tower, Must Visit When in Seoul
Travelling to Korea on Day 4 ; Autumn Vibes at Yeoido and Visiting Indonesian Embassy
Family Vacay to Bromo Tengger Semeru National Park!
Happy Family Vacation at Gili Trawangan, Lombok
Postcard From Tropical Paradise Gili Trawangan
HALAL RASTAURANT IN VIETNAM - TEMPAT MAKANAN HALAL DI HO CHI MINH CITY
Korea day 3 : Afternoon Stroll at Gangnam
Travelling to Korea on Third Day ; Postcard from Ewha Woman University
Traveling to Korea on Day 2 : Experience Hanbok and Cherry Blossoms
Traveling to Korea on Day 1 : Hello from Seoul and Second Experienced
TRAVEL REVIEW : Jungle Fish Ubud, welcome to Jungle Club.
7 Cafe Restaurant Keren dan Instragramble di Bali
VIETNAM DAY 3 : ADMIRE THE BEAUTIFUL OF HALONG BAY AND FAREWELL TIME
VIETNAM DAY 2 ; LET'S GO TO HALONG BAY
WHAT TO DO IN HANOI
MY FIRST IMPRESSION ABOUT VIETNAM, WHY YOU GUYS MUST VISIT THIS COUNTRY
SWEET PEACH HOUSE : GORGEOUS, LOVELY AND UNIQUE LODGING IN LOMBOK
LA LAGUNA. NEW HYPE PLACE FOR WAITING SUNSET IN CANGGU
HALAL RESTAURANT IN SINGAPORE - TEMPAT MAKANAN HALAL DI SINGAPORE
LOMBOK TRAVEL GUIDE ; THREE BEACH YOU MUST VISIT WHILE IN LOMBOK
BALI TRAVEL GUIDE ; HIDDEN MARIGOLD FIELDS IN KARANGASEM, SUCH A PARADISE!